Operasi Yustisi Hari Pertama, Puluhan Pelanggar Protokol Kesehatan Diberikan Sanksi

Hari ini, Kamis 1 Oktober 2020, Petugas gabungan menggelar operasi Yustisi sebagai bagian dari penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan  Covid-19 di Kota Palu, dimana kita ketahui Bersama bahwa sepekan ini peningkatan kasus covid terus meningkat dengan tajam.

“Hari ini kami bersama dengan jajaran dari Polres, TNI, Dishub, Satpol PP, Diskominfo dan awak media, kita melaksanakan operasi Yustisi ditengah masyarakat sekaligus akan memberikan sanksi ditempat bagi yang kedapatan tidak menggunakan masker” kata Kasat Pol PP Kota Palu Trisno Yunianto.

Operasi Yustisi ini akan terus giat dilakukan siang dan malam hari dan direncanakan untuk 14 hari kedepan. mengenai lokasi dimana saja yang akan dilakukan operasi tersebut, Trisno menolak untuk memberikan detail lokasinya, pokoknya diseluruh wilayah Kota Palu, dimana sering terjadi kumpulan orang-orang bahkan di kafe-kafe dan tempat hiburan, katanya.

Pada hari pertama pelaksanaan Operasi Yustisi disejumlah titik yang sempat terpantau, ditemukan puluhan pelanggaran yaitu masyarakat yang tidak menggunakan masker, adapula didapati masyarakat yang membawa masker tapi lupa memakainya. Bagi yang kedapatan tidak membawa dan memakai masker segera diberikan edukasi mengenai pencegahan penularan covid dan diberikan sanksi ditempat berupa hukuman membersihkan areal umum disekitar lokasi operasi tersebut.

Adapun bentuk hukuman atau sanksi yang diberikan jika tidak mematuhi protocol Kesehatan antara lain bagi perorangan bisa memilih untuk membersihkan sampah,menyapu jalan, ataupun membersihkan rumah ibadah dilokasi yang ditetapkan. Dan bagi pelaku usaha, dikenakan sanksi agar menyediakan masker sebanyak 50 lembar dan menyiapkan atau memberi makan orang miskin atau anak yatim minimal 5 orang.

Sanksi hukuman ini sendiri tertuang pada Peraturan Wali Kota Palu nomor 19 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di Kota Palu. (Diskominfo_Gerry,Chs)

Peliput Lapangan : Edho,Irfan,Yus,Embong,Arifudin

Comments

comments

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.