Patung Soekarno setinggi 10 Meter berdiri di Taman GOR

Patung Bapak Proklamator Bangsa, Ir. Soekarno telah memasuki tahap akhir pemasangannya. Patung berbahan dasar tembaga setinggi 10 meter tersebut diberi nama Monumen Mutiara bangsa, berlokasi di Taman Gelanggang Olah Raga (GOR) di Jalan Moh. Hatta, Kota Palu.

Pembangunan patung tersebut, sebagai salah satu bentuk upaya Pemkot Palu untuk menghidupkan kembali sejarah kunjungan Proklamator Kemerdekaan Indonesia di Kota Palu pada 2 Oktober 1957 silam.

Mengenai pemilihan lokasi mengapa Patung tersebut ditempatkan di Taman GOR, karena dilokasi inilah Bung Karno berpidato mengumpulkan massa dalam rangka konsolidasi Permesta, dulu tempat ini masih bernama Lapangan GOR, terang Walikota Palu, Drs. Hidayat, M.Si.

Beliau juga menyebutkan, patung Soekarno ini dibangun dengan tinggi dudukan meja dua meter artinya menandakan tanggal 2, tinggi patung 8 meter, hingga keseluruhannya 10 meter artinya bulan 10, dan struktur bangunannya itu 5×7 meter menandakan tahun 57.

“Inilah filosofi dan histori sehingga kita bangun patung Soekarno di Taman GOR ini,” tuturnya.

Patung yang berada di Kota palu ini merupakan patung Soekarno yang tertinggi di Indonesia, setelah sebelumnya patung serupa sempat didirikan oleh pemerintah Kota Blitar dengan tinggi 9 Meter. (Diskominfo_G.Chs)

Monumen Mutiara bangsa masuk dalam proses finishing

Comments

comments

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.