Pemkab Donggala siap Bersinergi dengan Pemkot Palu Tangani Covid-19

Pelaksana Tugas Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said S.AP menerima kunjungan silaturahim tim gugus tugas percepatan penanganan pemutusan penyebaran Covid-19 Kabupaten Donggala.

Kunjungan tersebut dipimpin Sekkab Donggala DR Rustam Efendi S.Pd SH M.AP. Turut pula mendampingi Asisten 2 Pemkab Donggala Ir Gozal Syahramli, Kasatpol PP, Dudi Utomo Adi S.STP M.Si, Kadis Nakertrans Drs Moh Ilham Yunus M.Si dan Plt Sekdis Perhubungan Polin Andar Hasibuan ST M.Si.

Sedangkan pihak Pemkot Palu juga dihadiri Sekkot Palu H Asri SH didampingi sejumlah kepala OPD terkait dan pejabat pemkot lainnya. Kunjungan tim gugus tugas penanganan covid 19 kabupaten donggala dilaksanakan di ruang kerja wali kota palu pada Rabu 30-09-2020.

Dalam kunjungan tersebut, Sekkab Donggala DR Rustam Efendi menyampaikan harapan pihaknya agar pola pola penanganan covid 19 di wilayah kota palu juga bisa disenergikan dengan penanganan covid 19 di wilayah donggala.

Seperti ada keinginan untuk menempatkan tim gugus tugas percepatan penanganan pemutusan penyebaran covid 19 di pos pos perbatasan palu dan donggala. Selain itu pengetatan pelintas batas atau pelaku perjalanan commuter palu donggala lebih diperkatat lagi pengawasannya.

Baik itu pegawai maupun para pekerja maupun warga umum dengan memperlihatkan identitas diri atau tanda pengenal. Bahwa membuktikan dia benar warga donggala atau warga kota palu. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir ataupun memperkecil gerak warga agar tidak semaunya masuk atau keluar wilayah palu donggala ditengah pandemi covid 19 ini.

“Tentunya penanganan covid 19 yang selama ini diterapkan di kota palu juga menjadi hal penting untuk dikolaborasikan dengan pola penanganan covid kabupaten donggala dalam hal ini kami menginginkan penanganan covid 19 selalu bersinergi,”katanya.

Sementara itu, pelaksana tugas wali kota palu, Sigit Purnomo Said S.A.P menyampaikan terimakasih atas kunjungan tim gugus tugas percepatan penanganan pemutusan penyebaran Covid-19 kabupaten donggala ke pemkot palu.

Menurutnya, penanganan Covid-19 sudah seharusnya menjadi tanggung-jawab bersama bersama sama bersinergi dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 itu adalah hal yang sangat penting. Sebab keselamatan kesehatan warga sangat utama agar penyebaran covid 19 bisa ditekan dan bahkan doa kita bersama kembali ke awal yang terpapar covid 19 semakin menurun dan tidak meningkat.

Bahkan keinginan adanya penjagaan bersama di pos perbatasan disambut baik dan disetujui jadi tak ada lagi pos yang dijaga masing masing tim gugus tugas. Tetapi sudah ditempatkan dalam satu pos bersama di perbatasan palu donggala.

Agar lebih mudah dipantau pelaku perjalanan commutter palu donggala dengan memperlihatkan identitas diri. Selain itu dengan adanya penjagaan bersama di pos perbatasan juga bisa lebih memudahkan pelacakan bagi oknum pelaku perjalanan yang memanfaatkan jalan tikus untuk menerobos masuk ke wilayah kota palu maupun ke wilayah donggala.

Tentunya katanya lagi, apalagi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 ditempat tempat usaha dan ditempat umum dalam wilayah kota palu mulai diberlakukan 1 Oktober 2020.

Bahkan pelaksana tugas wali kota palu menyampaikan bahwa dasar yang diterapkan pemkot palu berdasarkan Perwali no 19 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan pencegahan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Yaitu bagi pelaku perjalanan antar kabupaten se sulteng wajib membawa hasil rapid test yang baru dan hanya berlaku lima hari. Sedangkan pelaku perjalanan demikian pula boleh masuk ke kota palu dengan membawa hasil rapid test yang baru. Namun jika pelaku perjalanan tidak membawa hasil rapid test maka di pintu penjagaan langsung dirapid.

“Pelaku perjalanan dari provinsi lain wajib menyertakan hasil swab yang baru maupun rapid test yang baru dan jika tidak membawa maka langsung diminta berbalik arah dan tak diizinkan masuk ke wilayah kota palu,”katanya.

Hal senada juga disampaikan Sekkot Palu, H Asri SH bahwa pada prinsipnya pemkot palu sangat mengapresiasi pemkab donggala bersama sama mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid 19 di wilayah palu dan donggala.

Hal terpenting yang mesti dikedepankan adalah saling bersinergi dalam penanganan covid 19 dan harus lebih pro aktif dan bergerak cepat apalagi saat ini jumlah terkonfirmasi positif covid 19 terus meningkat maka upaya sosialisasi secara massif terus digencarkan dan tindakan tegas juga diperlukan dengan tetap mengedepankan pola persuasif.

Dan memgoptimalkan tim survailens dalam melaksanakan pelacakan apalagi per tanggal 1 oktober 2020 penerapan sanksi tegas mulai dilaksanakan. Sejalan dengan itu sosialisasi tetap wajib dilaksanakan baik dari pemkot palu maupun dari pemkab donggala dan juga diharapkan penerapan yang sama juga diberlakukan di pos perbatasan lintas kabupaten dan lintas provinsi.

Peliput: yusuf staf bagian protokol dan komunikasi pimpinan pemkot palu, kasub humas muh rum, kabag humas dan protokol goenawan.

Comments

comments

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.