Penandatangan PKS

Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said menyaksikan secara langsung penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) pemanfataan data kependudukan, NIK dan KTP elektronik pada Hari Rabu, 03 Februari 2021 di Kediaman Rujab Wawali Kota Palu antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu, Dinas Sosial Kota Palu dan Badan Pendapatan Daerah Kota Palu, sekaligus dirangkaikan acara penandatangan PKS dengan PT POS Indonesia dalam rangka percepatan pengantaran dokumen kependudukan di Kota Palu.

Dalam Undang-undang No. 24 Tahun 2013 data kependudukan digunakan untuk memudahkan layanan publik, proses perencanan pembangunan, alokasi anggaran sampai dengan pesta demokrasi.

Oleh karena tujuan diatas maka pemanfaatan data kependudukan dilaksanakan melalui proses PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ingin mendapat Hak Akses data Dukcapil, sebagaimana hal ini diatur dalam Permendagri No102 Tahun 2019, bahwa bagi OPD yang ingin memanfaatkan data penduduk tidak perlu lagi meminta ke Dukcapil, dengan adanya PKS, maka pusat akan memberikan hak akses tersebut dengan tujuan verifikasi dan validasi berbasis NIK.

Comments

comments

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.