Rapat Koordinasi dan Evaluasi Satgas K5 se Kota Palu

Wali Kota Palu, Drs Hidayat M.Si membuka sekaligus menyampaikan sambutan pada pelaksanaan rapat koordinasi/monitoring dan evaluasi Satgas K5 se Kota Palu.

Rapat koordinasi K5 dilaksanakan di lokasi millenium waterpark pada Senin 21-09-2020. Sejumlah agenda jadi pembahasan dalam pertemuan tersebut selain peran aktif satgas K5 semakin digencarkan termasuk juga penerapan kedisplinan dalam mensosialisasikan penegakan aturan protokol kesehatan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran covid 19.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Kesbangpol Kota Palu, Abidin AR dan pejabat lainnya serta seluruh satgas K5, tokoh masyarakat TNI dan Polri dan stakeholder terkait lainnya. Dalam kesempatan itu juga dibuka ruang diskusi.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Palu, Drs Hidayat M.Si dalam sambutannya mengatakan, bahwa visi misi pembangunan Pemkot Palu saat ini mengangkat tema budaya dalam konteks nilai yaitu nilai toleransi, kegotongroyongan, dan kekeluargaan.

Menurutnya, ketiga nilai tersebut merupakan nilai dasar dari Pancasila yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Kaili dan ingin diwujudkan kembali oleh Pemkot Palu agar daerah tetap aman, damai, dan tenteram.

“Kalau kita melihat Kota Palu sebelum tahun 2016 lalu, sering terjadi konflik antar kelurahan, sehingga membuat resah masyarakat. Alhamdulillah saat ini hampir tidak terjadi lagi konflik-konflik tersebut karena kita mulai wujudkan kembali nilai toleransi, kekeluargaan, dan kegotongroyongan di tengah masyarakat,” katanya.

Namun demikian kata dia, potensi terjadinya kembali konflik ini masih besar. Olehnya Pemkot Palu membentuk Satgas K5 atau kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan, dan kenyamanan serta lembaga adat untuk menjaga ketiga nilai tersebut.

Walikota mengatakan, yang dimaksud dengan adat di dalam visi misi Pemkot Palu sebenarnya bukan tari-tarian dan lainnya, namun adat yang berarti aturan tentang tatanan kehidupan manusia.

“Ada tiga aturan yang mengatur hubungan manusia dengan manusia baik perilaku, perbuatan, dan ucapan serta satu aturan yang mengatur hubungan manusia dengan alam,” ungkapnya.

Secara umum, peran satgas K5 sudah sangat bagus tinggal terus ditingkatkan dengan bersinergi dengan semua lembaga yang ada.

Peliput: yusuf staf bagian protokol dan komunikasi pimpinan pemkot palu, kabag humas dan protokol pemkot palu goenawan.

Comments

comments

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.