WaliKota Palu, Drs. Hidayat, M. Si saat menutup acara Pelatihan Peradilan Lembaga Adat Kota Palu bertempat di Ruang Kasiromu Kantor Walikota Palu. Selasa, 30 Januari 2018.

Dalam sambutnnya beliau menyampaikan hal-hal antara lain :

1. Terima kasih kepada seluruh perangkat Lembaga Adat yg telah melakukan mo libu/diskusi melalui kegiatan pelatihan ini.

2. Surat Kepuusan Wali Kota Palu tentang Susunan Kelembagaan Adat Kota Palu telah diserahkan kepada lurah masing-masing diharapkan Kaban Kesbang Pol Kota Palu untuk membantu koordinasi dengan Dinas Sosial terkait SK tersebut.

3. Program Lembaga Adat pada tahun 2018 sudah dialihkan kepada Badan Kesbang Pol Kota Palu. dipindahkan ke Badan Kesbang Pol dan pak Walikota akan terus memantau program ini.

4. Mengharapkan lembaga adat ini dapat menjadi garda terdepan menjaga, mengayomi, melindungi & melestarikan, nilai falsafah org Kaili, siapapun dia, agama apa suku apa, harus dilindungi sepanjang dia mau hidup damai bersama dengan masyarakat Kota Palu.

5. Dalam rangka menghadapi tahun politik 2018 beliau mengharapkan lembaga adat harus kuat, tetap berdiri di tengah-tengah, tidak beraffiliasi dgn partai politik, sehingga Pemilu 2019 tdk menimbulkan kekacauan, semuanya dapat berjalan dengan penuh kedamaian.

6. Mengharapkan kepada para lurah pada pelaksanaan Musrenbang untuk tidak mengusulkan lagi program/kegiatan pembangunan infrastruktur, karena pasti akan dilakukan oleh Pemkot Palu, tapi yang lebih penting adalah pengusulan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi mikro.

7. Pemkot Palu akan terus mendorong pemanfaatan lahan di kelurahan-kelurahan untuk tanaman produktif contohnya bawang goreng di Poboya, buah naga di Baiya, kolam ikan lele Duyu, marisa di Mamboro.

8. Akhirnya beliau mengharapkan kepada para lurah dan lembaga adat agar terus bersinergi mengatasi masalah yg timbul di tengah-tenah masyarakat. Songgompoasi. (Humas dan Protokol Pemkot Palu)

Comments

comments