Pemkot Gelar Workshop Tata Kelola Website Pemerintah Sebagai Impelentasi E-Goverment

foto-(humas dan protokol Pemkot Palu): Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palu, Akram S Sos MSi saat menjelaskan awal dilaksanakannya workshop tata kelola website pemerintah sebagai implementasi E-Goverment tingkat kota Palu, nampak pula Asisten II Pemkot H Ansyar Sutiadi S Sos MSi yang sekaligus membuka kegiatan workshop, nampak pula narasumber dari pihak akademisi dan pengelola PPID Humas dan Protokol pemkot Palu, Andi Chandra ST nampak pula puluhan perwakilan dari SKPD se Kota Palu.

PEMANFAATAN teknologi saat ini merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindarkan, karena kebutuhan informasi yang sangat cepat, dan tepat menjadi suatu kebutuhan utama disegala aspek. Salah satu teknologi yang paling berkembang adalah teknologi yang berbasis web yang sering disebut dengan internet. Teknologi ini sudah digunakan diberbagai bidang baik bisnis,pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.  Teknologi internet yang kini sudah mendarah daging harus dimanfaatkan secara optimal, keberadaan teknologi diharapkan juga bisa menjadi jawaban untuk menyamaratakan kecepatan pelayanan, sebuah kemajuan jika pemerintah mulai mengadopsi teknologi tersebut sebagai infrastruktur utama pelayanan publik.

Untuk mengatasi masalah permasalahan tersebut dan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, salah satu upaya yang dilakukan ad  alah dengan memanfaatkan jaringan elektronik. Hal tersebut juga didasari oleh kenyataan bahwa masyarakat sudah semakin terbiasa dengan jaringan tersebut. Jaringan berbasis teknologi internet yang digunakan oleh pemerintah tersebut dikenal dengan nama e-Governmant. Gambaran ini disampaikan asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Palu, H Ansyar Sutiadi S Sos MSi saat membuka worskhsop tata kelola website pemerintah sebagai impelentasi E-Goverment tingkat kota Palu. Kegiatan yang dilaksanakan dua hari tersebut yang dimulakan (7/10) dengan peserta terdiri perwakilan sejumlah SKPD, kantor kecamatan dan kelurahaan se kota Palu. Hal senada juga disampaikan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Palu, Akram S Sos MSi bahwa teknologi Informasi (TI) saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi hampir semua organisasi dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja organisasi. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan suatu pengelolaan TI yang baik dan benar agar keberadaan TI mampu untuk menunjang kesuksesan organisasi dalam pencapaian tujuannya. Kesuksesan tata kelola perusahaan (enterprise governance) saat ini mempunyai ketergantungan terhadap sejauh mana tata kelola TI (IT Governance) dilakukan.

Lebih jauh di katakannya bahwa teknologi informasi merupakan sumber daya keempat setelah sumber daya manusia, sumber daya uang, dan sumber daya mesin yang digunakan manajer untuk membentuk dan mengoperasikan perusahaan. Dengan demikian, teknologi sistem informasi tidak diragukan lagi atas perannya dalam keterkaitan rangkaian beragam aktivitas. Seraya menambahkan bahwa adapun manfaat dari pengembangan e-Govornment adalah Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada stakeholder-nya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja, efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara, meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Corporate Governance dan mengurangi secara signifikan total biaya administrasi relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholder-nya untuk keperluan aktivitas seharihari(tim penulis humas dan protokol Pemkot Palu)

 

Comments

comments