Pemkot Palu Kembali Raih WTP

WTP_PaluFoto humas Pemkot Palu: Wakil Walikota Palu, H Andi Mulhanan Tombolotutu SH saat memperlihatkan piagam penghargaan WTP yang diserahkan langsung oleh kepala BPK perwakilan Sulteng, Bayu Sabartha, nampak pula sejumlah pejabat penting saat menghadiri.

PALU- Pemkot Palu kembali meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulteng memberikan predikat tersebut, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kabupaten/kota se Sulteng, tahun anggaran 2014. Penyerahan WTP tersebut diterima langsung oleh wakil walikota Palu, H Andi Mulhanan Tombolotutu SH didampingi ketua DPRD Kota Palu, Iqbal Andi Magga dan sejumlah pejabat Pemkot Palu lainnya.

Kepala BPK perwakilan Sulteng, Bayu Sabartha dalam jumpa persnya, di kantor BPK Sulteng, mengapresiasi kepada Pemkot Palu, atas predikat WTP yang diraih. Bayu menilai, Pemkot Palu telah berhasil melakukan penatausahaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban tentang keuangan daerah secara baik di tahun-tahun sebelumnya. “Saya sangat mengapresiasi atas predikat WTP yang kembali diraih oleh Pemkot Palu. Walaupun pada tahun 2013, sempat mendapatkan Wajar Dengan Pengecualian (WDP), namun untuk di tahun 2014, Pemkot mampu memperbaiki sistem keuangan daerahnya,” puji Bayu.

Walaupun mendapat WTP, tetapi Pemkot masih mendapat beberapa catatan dari BPK, yang kedepannya harus di evaluasi lagi. Bayu menambahkan, secara umum, terdapat 11 Kabupaten/Kota yang dinilai masih bermasalah pada sektor aset daerah. Termasuk Kota Palu. Selain aset, masalah keuangan juga menjadi sorotan BPK kepada sejumlah kabupaten/kota. Namun, penilaian tersebut tidak berpengaruh secara signifikan dalam penentuan pemberian opini kepada daerah, khususnya daerah yang yang mendapatkan predikat WTP.

Pemberian LKPD kabupaten/kota se Sulteng tersebut, berlangsung di ruang rapat utama kantor BPK, dan dihadiri sebanyak 11 Bupati/Wakil bupati beserta anggota DPRD. Pemkot Palu diwakili Wakil Walikota Palu H Andi Mulhanan Tombolotutu SH didampingi ketua DPRD Kota Palu Muhammad Iqbal Andi Magga.(tim penulis humas dan protokol Pemkot Palu)

 

Comments

comments