Walikota serahkan Bansos dari Kemensos RI kepada KPM

Wali kota Palu, Bpk. Drs. Hidayat, M.Si didampingi Kepala Dinas Sosial kota Palu, Bpk. Romy Sandi menyerahkan secara simbolis bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Senin, 11 Mei 2020 di ruang rapat Bantaya kantor Wali kota.

Bantuan tersebut antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) Adaptif sebanyak 6.500 penerima, Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 12.604 penerima, dan Program Sembako/BPNT sebanyak 2.000 penerima.

Dalam sambutannya, Wali kota menyatakan bahwa bantuan yang diberikan kali ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, sehingga perlu diluruskan dan diketahui oleh seluruh masyarakat agar tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak benar dan membuat resah.

“Bantuan ini bukan program Pemerintah kota Palu ataupun Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah. Namun dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial,” ungkapnya.

Wali kota mengakui, belakangan ini cukup banyak permasalahan di media sosial terkait bantuan tersebut, sehingga apabila bantuan tidak cukup, maka bukan salah pihak Pemerintah kota maupun Pemerintah provinsi.

Menurut Wali kota, jika berbicara soal kemiskinan di Palu, maka saat ini masih banyak orang miskin akibat bencana alam Gempa, Tsunami, dan Likuiefaksi tanggal 28 September 2018 silam.

“Lihat saja, berapa banyak warga yang sampai saat ini masih tidur di tenda pengungsian maupun di Huntara 3×4 meter. Ini semua yang mestinya masuk dalam data kemiskinan,” katanya.

Wali kota juga mengungkapkan terkait kebencanaan, pihak Kemensos RI sampai saat ini masih menyisakan persoalan yakni Jaminan Hidup (Jadup) yang belum rampung seluruhnya.

“Kami sudah tiga kali menyurat soal Jadup yang sampai saat ini belum selesai. Masih ada tersisa 10 ribu jiwa lagi yang belum menerima Jadup,” tandasnya.

Peliput dan Protokol: Imron, Irwanyani, Jufri, Kasub Humas, dan Kabag – Humas dan Protokol Setda kota Palu

Walikota Palu, Drs. Hidayat M.Si memberikan penjelasan terkait bansos dari kemensos
Suasana diruang rapat Bantaya
Bansos diberikan secara simbolis kepada penerima yang berhak dan sudah terdata

Comments

comments

Add Comment

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.