Pemerintah Kota Palu

Ribuan Tim Gabungan Bersihkan Pesisir Teluk Palu Peringati HPSN 2024

Pemkot Palu – Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu mengawali peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, dengan aksi kerja bakti membersihkan area pesisir pantai, pada Jumat, 23 Februari 2024.

Kegiatan yang berlangsung di pesisir Pantai Talise ini melibatkan sejumlah pihak, seperti TNI, Polri, seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kota, hingga anggota Padat Karya, yang bertajuk “Mana Aksimu, Ini Aksi Kami.”

Sekkot Irmayanti menyatakan, selain aksi kerja bakti, ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palu dalam memeriahkan peringatan HPSN tahun 2024 tingkat Kota Palu.

Antara lain seperti Lomba Kreativitas Tanpa Batas yakni desain tas belanja daur ulang kategori umum, yang diharapkan bisa diikuti oleh masyarakat khususnya anak-anak muda Kota Palu.

“Jadi silahkan anak-anak muda kita, masyarakat yang mau mendesain tas dipersilahkan,” ujar Sekkot.

Kegiatan lomba ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 dipusatkan di Bundaran Taman Nasional, Kota Palu, dengan berbagai rangkaian acara lainnya.

Seperti Ala Rangking Satu yang melibatkan seluruh kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu, untuk menguji dan mengasah pengetahuan mereka terkait lingkungan.

Sementara itu, puncak HPSN tahun 2024 tingkat Kota Palu akan dilaksanakan Sabtu malam, 24 Februari 2024, yang akan berlangsung di TPA Poi Panda, Kelurahan Kawatuna, Kota Palu.

Sekkot mengungkapkan, alasan dilaksanakannya puncak HPSN di TPA yakni untuk merubah mindset masyarakat terhadap TPA atau Tempat Pemrosesan Akhir sampah.

“TPA bukan tempat yang mengerikan. Dulu kita datang ke TPA baunya luar biasa, lalatnya juga. Tapi TPA Pemerintah Kota Palu sekarang sudah dikelola dengan baik. Sehingga masyarakat juga akan nyaman datang kesana. Makanya hari puncaknya, kita akan laksanakan di TPA,” jelas Sekkot.

Di malam puncak HPSN tahun 2024 tingkat Kota Palu nantinya, akan ada Penganugerahan Penghargaan kepada Pejuang Lingkungan dalam Bidang Persampahan dan RTH, dengan berbagai kategori.

Di antaranya yakni kategori koordinator kecamatan/koordinator lapangan, satuan tugas Adipura kelurahan, supir (armada sampah, R6 + supir pick up, penyiram tanam, armada sampah pertamanan, armada penghijauan, dan dekorasi kota).

Selain itu, kategori lainnya yakni pelaku usaha, Bank Sampah Unit yang aktif, petugas TPA Poi Panda Kawatuna, hingga kategori petugas lapangan bidang RTH.

Scroll to top