Pemerintah Kota Palu

Ketua TP-PKK, Hj. Diah Puspita Dampingi Ketua TP-PKK Pusat, Tinjau Sejumlah Program di Palu

Pemkot Palu – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palu, Hj. Diah Puspita, S.AP mengikuti Temu Kader bersama Ketua Umum TP-PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian, pada Selasa, 5 Maret 2024.

Kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Tatanga, Kota Palu ini dihadiri Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Ny. Vera Rompas Mastura, serta Para Pengurus TP-PKK dan para kader TP-PKK Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Dikutip dari rilis Biro Adpim Setdaprov Sulteng, Ketua Umum TP-PKK Pusat ke Kota Palu selain Temu Kader PKK, juga melihat secara langsung pelaksanaan sejumlah program kelompok kerja binaan PKK setempat.

Khususnya dalam usaha pemberdayaan ekonomi dan keluarga di antaranya usaha budidaya anggur, pengolahan kelor, dan menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga kurang mampu.

Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Ny. Vera Rompas Mastura dalam ucapan selamat datang mengatakan bahwa program unggulan dari beberapa Pokja binaan Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tengah bekerja sama dengan PKK Kota Palu diantaranya gerakan tanam cabai.

Menurutnya, program tanam cabai merupakan gerakan program unggulan nasional yang berhasil, sebab dilaksanakan hampir di semua kelurahan dan desa yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Program tersebut sebagai bentuk untuk menekan inflasi,” katanya.

Vera juga menyatakan, selain itu TP-PKK juga melaksanakan gerakan pangan murah serta program Dasa Wisma diantaranya Rumah Kelor yang berada Kelurahan Kayumalue, Kecamatan Palu Utara.

Rumah Kelor tersebut mengolah bahan baku kelor menjadi bahan olahan diantaranya kapsul kelor dan teh celup serta masker.

Sementara itu, Ketua Umum TP-PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian mengatakan secara umum bahwa PKK merupakan mitra pemerintah, karena itu peran PKK sangat penting dalam memberikan pendampingan dan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan di wilayah masing-masing.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada instansi terkait Pemererintah serta seluruh kader PKK yang telah banyak melaksanakan kegiatan-kegiatan 10 program pokok PKK untuk mempercepat program pemerintah yang akhirnya target nya untuk mencapai kesejahteraan masyarakat bisa terwujud,” ujarnya.

Menurutnya, salah satu program PKK ialah program pangan murah merupakan gerakan untuk menghadapi perekonomian, dalam hal kenaikan harga.

Selain itu PKK memiliki peranan penting, karena hanya PKK mempunyai kader untuk menggerakkan semua rumah tangga sampai lingkup Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

Turut hadir Wakil Gubernur Sulteng H.Ma’mun Amir, Wakil Ketua TP PKK Sulteng Ny.Hj.Halima Amir, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov Sulteng. (***)

Scroll to top