Pemerintah Kota Palu

Plh. Wali Kota Resmikan 21 Huntap di Petobo

Pemkot Palu – Plh. Wali Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM menghadiri peresmian Proyek Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) oleh Humainement Concernes Indonesia, pada Sabtu (28/09/2024).

Peresmian 21 Huntap tersebut dilaksanakan di Shelter Humainement Concernes, belakang SMP Negeri 21 Palu, Kelurahan Petobo.

Plh. Wali Kota Irmayanti dalam sambutannya mengungkapkan, merupakan suatu kebahagiaan bagi Pemerintahan Kota Palu, menyaksikan peristiwa yang baik ini.

Hampir enam tahun pasca bencana Likuefaksi di Kelurahan Petobo, hari ini salah satu lembaga non pemerintah yaitu Humainement concenes (HC), telah berhasil membangun shelter development teruntuk bagi warga terdampak bencana.

Pelaksanaan pembangunan shelter development ini, menurut Plh. Wali Kota, didasarkan atas kesadaran, bahwa pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi yang akan berakhir tahun ini.

Pada wilayah terdampak bencana, tidak hanya sekedar membangun kembali rumah yang rusak, tetapi sebagai upaya membangun kembali pemukiman baru yang tangguh terhadap bencana.

“Semua kita yang hadir disini menyaksikan, serta turut serta dalam pembangunan hunian tetap di Petobo ini, kita ketahui bahwa dalam pelaksanaan dilapangan, memiliki tingkat kesulitan yang lumayan pelik, mulai dari awal pengadaan tanah, pembangunan fisik, sampai proses penyerahan SK pada hari ini,” kata Plh. Wali Kota.

Hanya karena kesungguhan dan kerjasama serta sifat pantang menyerah sajalah, dan tak lupa bantuan dari Allah semata, lanjut Plh. Wali Kota, sehingga acara hari ini bisa terlaksana, penyerahan SK penghunian bagi warga terdampak bencana di Petobo Kota Palu.

Plh. Wali Kota mengatakan, pembangunan hunian tetap, saat ini, telah menjadi salah satu prioritas dalam rangka percepatan pembangunan pasca bencana alam di Sulawesi Tengah.

Teknologi pembangunan shalter development dipilih yang ramah lingkungan dan tangguh terhadap bencana, serta mudah untuk ditumbuh kembangkan menjadi hunian yang berkesesuain dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya berpesan, semoga keberadaan hunian tetap ini, dapat dimanfaatkan bukan hanya sebagai tempat pemukiman semata, namun juga berfungsi ganda sebagai sarana penunjang edukasi bagi pengembangan kawasan yang tangguh bencana dimasa depan, dengan kelengkapan sarana pemukiman yang resilince dan ramah lingkungan,” pesan Plh. Wali Kota.

Plh. Wali Kota menyatakan, kerjasama dengan berbagai pihak, tetap harus terus dilaksanakan, sebagai bentuk kongkrit dari aktivitas simbiosa yang saling mendukung dan menyempurnakan antara pemerintah, badan usaha , perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat dan masyarakat huntap.

Sebab hanya dengan bekerjasama maka berabagai permasalahan hunian tetap bisa diatasi secara lebih baik.

Plh. Wali Kota mengungkapkan, saat ini Kota Palu, terus mendorong berbagai kawasan hunian tetap memiliki penciri masing masing, berdasarkan tipologi ruang dan kawasannya, sehingga keberadaan hunian tetap akan menjadi laboratorium interaksi sosial antara masyarakat dan lingkungan pemukiman pasca bencana dimasa depan.

Setalah penyerahan SK penghunian bagi warga terdampak bencana hari ini, lanjut Plh. Wali Kota, harapannya penyempurnaan melalui upaya melengkapi sarana dan peralatan penunjang kawasan perumahan akan terus berlanjut.

Sehingga kenyamanan ruang bagi warga terdampak bencana yang menempati hunian tetap, semakin mendekati standar ideal keberadan suatu kawasan pemukiman yang modern, bersih dan berkelanjutan.

Tentu saja, dalam pelaksanaannya tidak bisa hanya sekedar mengandalkan ikhtiar dari pemerintah daerah Kota Palu semata, namun terus berkolaborasi dengan sumber pembiayaan lain seperti dari Propinsi dan APBN, serta upaya mencari fasilitas pendanaan lain seperti CSR dan pinjaman daerah.

Sehingga diharapkan semua pihak untuk dapat merasakan kemanfaatan kawasan ini, sebagai build back better secara lebih rill, pada masa kini dan mendatang.

“Saya menaruh harapan besar, kiranya keberadaan hunian tetap, yang akan diserah terimakan ini, kehadirannya dapat sebagai problem solving, pemecah berbagai permasalahan pasca bencana alam yang pernah ada, di Kelurahan Poboya,” harap Plh. Wali Kota.

Plh. Wali Kota mengimbau, seluruh masyarakat kiranya dapat memanfaatkan serta menjaga secara maksimal seluruh fasilitas yang diserah terimakan saat ini, sebab dengan keberfungsian fasilitas layanan pemukiman yang ada ini secara baik, maka akan memberikan imbas positif kepada pemerintah daerah Kota Palu, dan masyarakat itu sendiri.

Untuk itu, sekali lagi Plh. Wali Kota menyampaikan terimakasih pada founder dari humainement concemes serta seluruh warga terdampak bencana Petobo, yang hadri pada saat ini, atas kesabarannya selama lebih dari 6 tahun.

“Harapannya, apa yang telah diserah terimakan saat ini, dapatlah untuk terus dijaga baik itu taman dan bangunan yang bahkan semoga dapat lebih ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang,” tutup Plh. Wali Kota. (IIM)

Scroll to top