Wali Kota Resmikan kantor Perusahaan Daerah (PERUSDA) Kota Palu.

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara simbolis meresmikan penggunaan kantor Perusahaan Daerah (Perusda) Kota Palu di Jalan Tadulako, Kota Palu pada Selasa, 22 Maret 2022.

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Hadi didampingi Direktur Utama Perusda Kota Palu, Ir. Ihksan Syarifuddin, ST sekaligus pemotongan tumpeng.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyebut bahwa sebuah organisasi harus mempunyai identitas, salah satunya adalah kantor yang merupakan baju dari sebuah organisasi tersebut.

“Jadi kalau penampilannya baik, itu menunjukkan karakternya. Oleh karena itu Pemerintah Kota Palu memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada jajaran Direksi Perusda yang meresmikan kantornya. Saya tidak tahu kantor Perusda sebelumnya dimana. Saya tahu hari ini Alhamdulillah,” katanya.

Menurutnya, Perusda Kota Palu merupakan mitra yang sangat vital bagi Pemerintah Daerah yang dituntut untuk bisa melakukan inovasi maupun improvisasi atas pencapaian-pencapaian kerjanya.

Maka harapannya, lanjutnya Perusda yang hadir dengan tagline Produktif, Provit, Prestasi, dan prestise serta dengan logo barunya, ini menunjukkan adanya semangat baru yang luar biasa dan terarah.

Wali Kota menekankan agar keempat hal yang menjadi tagline tersebut harus dapat dicapai dengan baik oleh Perusda Kota Palu.

“Selama ini identik Perusda itu adalah perusahaan yang rugi bahkan tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Tentunya stigma yang berkembag, harus menjadi tantangan yang harus dipahami oleh semua stakeholder yang ada di Perusda,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa sebuah entitas usaha dituntut untuk betul-betul harus memiliki produktivitas yang tinggi, sehingga harus bergerak dengan baik, efisien, dan efektif.

Perusda Kota Palu diharapkan mampu mendorong pertumbuhan UMKM di Kota Palu, karena tidak bisa dipungkiri UMKM sangat memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Apalagi Perusda semakin mampu menguatkan ini. Oleh karena itu, saya berharap semangat itu harus terjaga dengan baik. Harus dilakoni dengan baik,” ungkapnya.

Wali Kota juga menuturkan menjaga produktivitas yang baik, dibutuhkan akuntabilitas yang baik pula. Karena kalau akuntabilitasnya tidak baik, akan berpengaruh terhadap produktivitasnya.

Kemudian, lanjutnya Perusda harus berpikir bahwa suatu entitas usaha yang dibangun, ingin meraup keuntungan. Maka target-target pencapaian terhadap provit yang dimiliki harus jelas.

“Kalau Perusdanya untung, maka semua mitra yang terhubung juga akan mendapat keuntungan. Jangan sampai Perusdanya untung, mitranya tidak untung. Olehnya untuk mencapai keuntungan itu, maka dibutuhkan sinergitas yang baik dalam membangun manajemen yang baik,” lanjutnya.

Wali Kota juga berharap potensi-potensi yang ada di Kota Palu dapat termanfaatkan dengan baik oleh Perusda. Jangan sampai Perusda telat menangkap potensi itu. (IM)

Sumber:

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palu.

Scroll to top