Wali Kota Palu Menerima Kunjungan Balmon Kominfo Palu dalam rangka Migrasi TV Analog ke TV Digital di wilayah Kota Palu

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE Menerima Kunjungan Balai Monitoring Kominfo Palu dalam rangka Migrasi Penyiaran Analog ke Digital diruang kerjanya, pada hari Rabu tanggal 13 April 2022.

Kunjungan Balmon ini dalam rangka mengundang Wali Kota Palu untuk membuka kegiatan sosialisasi Analog Switch Off (ASO) di wilayah Kota Palu. Kepala Balmon, Hermanto, M.Kom., S.Sos menjelaskan bahwa  migrasi Analog Switch Off (ASO) merupakan cara kerja sistem melalui perpindahan sistem Analog ke- Digital dalam dunia penyiaran. 

Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa dengan penggunaan teknologi digital dunia penyiaran menjadi lebih baik, misalnya ; kualitas gambar menjadi lebih baik, yang tentunya memberikan pengaruh terhadap kualitas informasi yang di terima oleh masyarakat dari hasil program-program yang disiarkan. Dengan teknologi digital ini, dapat dilakukan efesiensi pemanfaatan frekuensi dengan kualitas yang baik demi pengembangan teknologi komunikasi yang lainya,” ucap Kepala Balmon Palu.

Lebih lanjut, Beliau juga mengatakan bahwa untuk  pemberlakuan ASO akan di mulai tanggal 30 April 2022 diwilayah kota Palu, oleh karenanya sangat perlu dilakukan memberikan pemahaman kepada masyarakat Sulawesi Tengah terkhusus masyarakat kota Palu tentang proses migrasi TV Anlog ke TV Digital ini.

Dalam pertemuan yang penuh keakraban tersebut, Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE menyambut baik Kunjungan Balai Monitoring dan bersedia untuk membuka kegiatan sosialisasi tersebut dan akan selalu mensosialisasikan mengenai migrasi TV Analog ke TV Digital diwilayah Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Kominfo Palu.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pengelola Informasi Komunikasi Publik, Fanty Juliarsih, S.Kom  Dinas Kominfo Kota Palu menjelaskan untuk menonton siaran televisi digital, perlu penyesuaian perangkat. Bila perangkat TV sudah ada tuner standar DVB T2, cukup melakukan scanning ulang, namun bila pesawat televisi masih analog harus menambahkan Set Top Box (STB) yang bersertifikasi. Dalam Tahap I pembagian STB akan disalurkan sebanyak kurang lebih 11 ribu unit kepada masyarakat miskin yang terdaftar di data Dinas Sosial Pemerintah Kota Palu serta  memiliki KTP elektronik, memiliki TV analog, dan tinggal di wilayah terdampak ASO.

Sumber: PIKP Dinas Kominfo Kota Palu

Scroll to top