Walikota Menghadiri Pengukuhan Ketua RT/RW

Wali kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE menghadiri Pengukuhan RT/RW se-kelurahan Palupi kecamatan Tatanga pada Selasa, 29 Juni 2021 di Gor Palupi.Dalam sambutannya, Wali kota Hadi menyatakan para Ketua RW dan RT merupakan ujung tombak pergerakan pemerintah di tengah masyarakat dan juga ujung tombak masyarakat kepada Pemerintah.

Besar harapan, katanya Ketua RW dan RT mampu mengelola baik masyarakat serta mampu menyerap sebaik-baiknya apa yang menjadi persoalan dan potensi di wilayah masing-masing.”Ketika kita diamanahkan sebagai Ketua RW dan RT diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” katanya. Wali kota menyadari bahwa kesejahteraan yang diperoleh menjadi Ketua RW dan RT tidak sebanding dengan apa yang menjadi ruang lingkup kerjanya. Olehnya, ia berkomitmen akan menaikkan gaji Ketua RW dan RT dari Rp150 ribu menjadi Rp250 ribu pada bulan Oktober 2021 mendatang.”Dan InsyaAllah tahun depan, saya naikkan menjadi Rp500 ribu.

Memang ini masih jauh, tapi kita harap ada perbaikan-perbaikan dan koreksi khususnya terkait dengan pendapatan daerah,” ungkapnya.Wali kota Hadi menjabarkan ada beberapa program yang diharapkan bisa dikawal dengan baik oleh para Ketua RW dan RT.Ia berharap pembayaran PBB dapat didukung dan dibantu sepenuhnya oleh seluruh Ketua RW dan RT karena dengan tercapainya target pembayaran PBB, pendapatan daerah juga akan terpenuhi dengan baik.Selain itu, Pemerintah kota Palu akan mengadakan kendaraan pick-up mini untuk mengangkut sampah rumah tangga serta pengadaan truk sampah baru.Pick-up mini yang akan disiapkan sebanyak 92 unit dan diperuntukkan bagi masing-masing kelurahan sebanyak dua unit.

“Diharapkan itu bisa memberikan pelayanan khususnya terkait dengan penanganan sampah di setiap kelurahan,” lanjutnya.Ia berupaya pengadaan tersebut terlaksana di bulan Oktober, sehingga bulan November dan Desember pelayanan pengangkutan sampah rumah tangga sudah bisa berjalan. Sementara pada akhir bulan Januari 2022 kedepan, Pemerintah sudah akan memberlakukan pemungutan retribusi sampah.”Sampah yang dipungut oleh Pemerintah langsung kemudian dibayarkan oleh masyarakat tanpa pihak ketiga.

Maka Pemerintah nanti berkewajiban mengangkut sampah di depan rumah masyarakat masing-masing,” katanya.Wali kota menekankan utamakan dahulu pelayanan kepada masyarakat, jangan baru diadakan pick-upnya langsung main pungut retribusi.Ia berupaya tahun depan penerimaan retribusi sampah Pemerintah kota Palu naik dari Rp1,5 Miliar pertahun menjadi Rp100 Miliar pertahun.”InsyaAllah dengan koreksi ini akan menjadi alat kita untuk menaikkan insentif seluruh Ketua RW dan RT. Bahkan bukan cuma itu saja, pegawai syara kita juga akan mendapatkan insentif setiap bulannya,” ungkapnya. Wali kota Hadi berharap kerjasama dari seluruh elemen masyarakat dapat terbangun, sehingga apa yang menjadi harapan bersama, bisa tercapai.

Sumber : Humas dan Setda Kota Palu

Scroll to top