Dialog Dalam Studio Covid-19 Melonjak Perlukah Lockdown

Wali Kota Palu H Hadianto Rasyid SE menjadi salah satu narasumber pada acara dialog dalam studio. Acara yang dilaksanakan RRI Pro 1 tersebut dilaksanakan via zoom meetin g.Hadir pula sebagai narasumber Bupati Morowali Utara DR dr Delis Julkarson Hehi M.A.R.S, Bupati Banggai Ir H Amirudin Tamoreka, moderator Roy Job Runtukahu. Acara bertajuk “Covid-19 Melonjak Perlukah Lockdown” dilaksanakan pada Rabu 04-08-2021 pukul 09.30 wita.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota Palu menyampaikan bahwa dalam penanganan Covid-19 perlunya kerjasama dari semua pihak.Penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya taat Protokol Kesehatan dan taat 5 M serta herd imunity yang harus selalu dipertahankan.Sebagaiamana yang diketahui bahwa pemerintah telah memperpanjang pelaksanaann PPKM Level 4 hingga tanggal 09 Agustus 2021.Sehingga yang perlu digencarkan adalah pelaksanaan tracing. Contact Tracing atau Pelacakan Kontak yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mencari dan memantau kontak erat dari kasus konfirmasi covid-19.

Tujuannya, untuk memutus rantai penularan dan menemukan kasus sejak dini.Jadi dari tracing itu sangat penting untuk mengetahui Karena itu, penting melakukan penelusuran kontak dan mengendalikan pergerakan orang yang sudah berpotensi tertular tadi.Konsep pelacakan kontak dimaksudkan untuk memberikan respons cepat ke orang yang baru atau diduga terinfeksi dan mengawasi mereka dengan cermat. Langkah ini bagian dari pencegahan penyebaran virus lebih lanjut.

Hal inilah yang menjadi dasar Pemkot Palu dalam mengetahui wilayah wilayah mana saja yang lonjakan Covid-19 meningkat dan mendapat perhatian sehingga gambaran itu akan memudahkan untuk melakukan evaluasi penanganannya secara cepat.Yang perlu kita pahami bersama bahwa Covid-19 sudah menjadi bagian dari kita. Sehingga doa kita bersama agar pandemi ini bersama sama kita bisa redam dan bahkan bisa berlalu dari kota Palu, Sulawesi Tengah dan Indonesia bahkan secara global bisa berlalu.Dalam kesempatan tersebut wali kota palu menyampikan progres perkembangan dan penanganan Covid-19 di wilayah Kota Palu, hadir pula ketua tim surbailens kota Palu dr Rochmat Jasin M.Kes, serta sejumlah kepala OPD.

Sumber : Humas dan Protokol Setda Kota Palu

Scroll to top