Rapat Evaluasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana

 Wali kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE mengikuti rapat evaluasi rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana 2018 di ruang rapat Polibu Kantor Gubernur pada Rabu, 31 Maret 2021 pukul 20:00.

Rapat tersebut dihadiri langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Doni Monardo dan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola. Dalam arahannya, Kepala BNPB menekankan agar pembangunan Hunian Tetap (Huntap) segera diselesaikan, karena sudah hampir dua tahun lebih masyarakat tinggal di Hunian Sementara (Huntara). “Seharusnya ini sudah selesai. Jadi saya harapkan pak Gubernur harus didorong tahun ini selesai. Kalau bisa secepat mungkin,” ungkapnya. Doni memahami memang persoalan di Sulawesi Tengah paling banyak adalah relokasi, sehingga yang juga jadi kendala adalah masalah lahan, olehnya perlu ada komunikasi dengan seluruh pihak.”Baik masyarakat yang terdampak maupun kementerian terkait, agar dapat segera mencari solusi. Terutama lahan yang mungkin sampai sekarang masih bermasalah dan belum selesai,” lanjutnya.

Rapat kali ini juga, Doni Monardo yang juga selaku Kepala Satgas Covid-19 mengapresiasi upaya penekanan penyebaran virus Covid-19 di Sulawesi Tengah. “Datanya cukup bagus. Kasus aktif di bawah nasional, angka kesembuhan di atas nasional, dan angka kematian di bawah nasional. Jadi secara umum masih bisa terkendali,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Longki mengatakan tahun ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menerima vaksin sinovac sejumlah 163.660 dosis dan yang sudah terdistribusi ke kabupaten/kota maupun pos pelayanan kesehatan provinsi sudah sebanyak 105.080 dosis. Ia berharap semoga dari koordinasi dan pembahasan bersama Kepala BNPB kali ini dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi penting dalam penanganan Covid-19 di provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber Humas dan Protokol Setda kota Palu

Scroll to top