Wali Kota Palu Diwakili Sekretaris Daerah Kota Palu Menghadiri Pertemuan Bersama Forum Revitalisasi Gedung Juang

Wali Kota Palu diwakili Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM menghadiri pertemuan bersama Forum Revitalisasi Gedung Juang pada Sabtu, 13 Agustus 2022 di gedung setempat, Jalan Cempaka, Kota Palu.

Pertemuan yang menghadirkan sejumlah pihak tersebut membicarakan tentang keadaan Gedung Juang yang mengangkat tema “Gedung Juang, Riwayatmu Kini.”

Sebagaimana diketahui Gedung Juang menjadi saksi sejarah perjalanan Palu tumbuh sebagai sebuah Kota, sehingga penanda ini mesti mendapat perhatian agar Palu dapat mempertahankan dan menghidupkannya kembali sebagai peninggalan sejarah.

Dalam arahannya, Sekkot Irmayanti mengatakan bahwa dirinya sudah sangat lama menginginkan agar Gedung Juang menjadi saksi sejarah dan objek kunjungan orang yang datang ke Kota Palu.

“Kalau di sini punya cerita, kenapa tidak kemudian cerita itu kita jaga dan kita kembangkan agar siapapun yang datang tau cerita itu. Bahwa di sini suatu tempat bersejarah yang punya cerita untuk diketahui orang banyak,” katanya.

Ia berharap Gedung Juang yang sudah sangat lama tidak diperbaiki dapat didorong untuk dibenahi dengan tidak merubah bentuk aslinya.

Kemudian, lanjutnya di dalam gedung tersebut ditampilkan gambar-gambar yang menceritakan sejarah yang berkaitan dengan Gedung Juang sehingga gedung itu menjadi kunjungan banyak orang.

“Orang ingin tahu apa yang terjadi di gedung ini. Mungkin nanti teman-teman pemerhati budaya dan sejarah tahu dan mencari tahu persis bagaimana sejarah yang pernah ada disini. Jadi divisualisasikan dalam bentuk gambar dan dinding-dinding ini akan berbicara,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa dirinya bersama para pihak yang hadir dalam forum tersebut memiliki visi yang sama agar melestarikan dan mengembangkan budaya dan nilai-nilai sejarah yang ada di Kota Palu.

“Jangan sampai punah. Ada yang saya lihat, banyak gedung-gedung kita yang sudah mulai hilang. Saya berharap Gedung Juang ini tidak akan dirubah atau dialihfungsikan jadi pusat bisnis. Tetap ini menjadi gedung yang punya sejarah,” tekannya.

Ia berharap pertemuan kali ini dapat mendorong secepatnya untuk dilakukan revitalisasi Gedung Juang yang merupakan aset Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kalau toh misalnya provinsi mau serahkan ke Kota Palu untuk mengelola, kenapa tidak. Semoga pertemuan kita merupakan langkah awal yang baik,” imbuhnya.

Usai memberikan arahan, Sekkot Irmayanti mendengarkan berbagai pandangan dari sejumlah pihak yang hadir dalam forum ini.

Turut hadir bersama Sekkot Irmayanti yaitu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu, Ir. Singgih B. Prasetyo, M.Eng, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, perwakilan Dinas Pariwisata Kota Palu, dan lainnya.

Sumber : Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palu

Scroll to top