Wali Kota Palu Didampingi Sekretaris Daerah Kota Palu Mengikuti Pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE didampingi Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM mengikuti pertemuan Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022 yang berlangsung di Jakarta pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah pemimpin/perwakilan 44 kota dari 5 benua, baik secara langsung maupun daring.

Adapun beberapa pemimpin kota yang datang langsung dalam kesempatan ini antara lain Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti, dan Wali Kota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb.

Pertemuan tersebut membahas beberapa gagasan antara lain “Prosperous and Circular Cities : Investing in Urban Transformation,” yang merupakan side event yang diadakan oleh World Bank.

Kemudian High Level Talkshow dengan topik “Service Innovation in Gender-Based Violance Prevention and Response as Part of Inclusive Social Recoveries in DKI Jakarta,” side event yang diorganisir oleh UNDP.

Lalu UCLG-ASPAC & Smart Change Session 2 “A Case Study of Multi Stakeholder and Policy Engagement in 2020 – 2022,” side event yang diorganisir oleh Smart Change Project and UCLG-ASPAC.

U20 Mayors Summit -Plenary Session 2 : “Cities for All, Cities for The Future: Archieving Inclusive and Sustainable Housing, Mobility, and Energy in Urban Areas,” dan U20 Closer-door Mayoral Strategic Meeting.

Forum U20 merupakan bagian dari G20 atau Group of 20 yakni 19 negara ekonomi besar dunia dan satu asosiasi negara: Uni Eropa. U20 menyediakan wadah untuk kota-kota anggota G20 bertemu dan berdiskusi terkait isu-isu penting untuk dibawah ke Presidensi G20.

Dalam kegiatan ini, para pemimpin kota U20 berkumpul untuk memperkuat kolaborasi dan mendiskusikan rekomendasi terhadap sejumlah isu yang dituangkan dalam Komunike, ada tiga hal penting yang akan disampaikan ke G20.

Pertama, pentingnya lebih besar investasi di bidang kesehatan dan perumahan untuk bisa mempercepat recovery ekonomi yang lebih berkeadilan.

Kedua, pentingnya untuk segera diadopsi pendekatan berkelanjutan, khususnya di dalam transisi pemanfaatan energi dan di dalam pemanfaatan mobilitas penduduk dalam kawasan urban.

Ketiga adalah pentingnya memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan di masa depan.

Komunike U20 ini nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Indonesia untuk menjadi masukkan pada KTT G20 di Bali pada bulan November mendatang.

Sebelumnya, Wali Kota Hadi bersama sejumlah pemimpin kota dari beberapa negara ikut serta dalam City Tour Jakarta yang dipandu langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sumber : Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Palu

Scroll to top